18/10/2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

TALK SHOW KPU LAMPUNG TIMUR tema “COKLIT DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PILKADA 2020 DI MASA PANDEMI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur terus menggaungkan semangat pemilihan Kepala Daerah 2020. Terbaru, penyelenggara pemilu melaksanakan talk show terkait “Coklit dan Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada 2020 di Masa Pandemi” di radio Radio Pramudia Lestari 102.3 FM  pada Selasa (14/07/2020) siang.

Sosialiasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Tahun 2020 terus dilakukan. Hal ini tidak lepas dari komitmen KPU Kabupaten Lampung Timur melayani masyarakat agar hak sebagai peserta dan pemilih terpenuhi.

Wahid Setio Budi dari Divisi Perencanaan Data dan Informasi dan F. Bagus Kumbara dari Divisi Sosialisasi , Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, mewakili KPU Lampung Timur sebagai narasumber. Dalam talkshow kali ini, KPU ingin mensosialisasikan kepada masyarakat terkait tahapan Pilkada yang akan segera dilaksanakan yaitu Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Selain itu, KPU juga ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat, meski kondisi negeri sedang berjuang melawan bencana nonalam covid-19 , namun tahapan Pilkada akan terus berjalan dan KPU Lampung Timur akan terus berkomitmen mensosialisasikan setiap hal yang harus diketahui dan dipahami oleh calon pemilih.

Wahid Setio Budi dari Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Lampung Timur mengutarakan bahwa seluruh masyarakat di Kabupaten Lampung Timur akan mulai di coklit oleh petugas pada tanggal 15 Juli 2020 s/d 13 Agustus 2020. Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat mulai menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) masing-masing sebagai bahan pencocokan dan penelitian PPDP kelak.

Wahid juga menambahkan terkait kesiapan perlengkapan petugas dalam memutakhirkan data pemilih di masa pandemi, sekaligus memberi keyakinan kepada masyarakat, bahwa Petugas yang akan mengunjungi rumah calon pemilih sudah melakukan Rapid Test sebelum bertugas. Sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir saat harus bertemu dengan Petugas Pemutakhiran Data. Terkait teknis pelaksanaannya, Wahid lebih rinci menjelaskan bahwa Petugas hanya melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih di luar rumah/hanya di teras rumah dan dihimbau untuk melakukan proses coklit secara Cepat dan Tepat. Kebijakan tersebut diambil dengan memperhatikan Protokol Kesehatan yang diberlakukan.

Koordinator Divisi Sosialisasi , Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM F. Bagus Kumbara juga menuturkan bahwa  KPU Lampung Timur tetap berusaha maksimal dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat berbasis. Masyarakat berbasis sendiri terdiri dari Keluarga, Pemilih Pemula, Pemilih Muda, Pemilih Perempuan, Pemilih Disabilitas, Pemilih Berkebutuhan Khusus, Kaum Marginal, Komunitas Agama, Relawan.

Mengingat kasus covid-19 yang terus meningkat di Indonesia, mengakibatkan sempitnya celah KPU Lampung Timur dalam melakukan sosialisasi secara bertatap muka dengan masyarakat. Maka dari itu, KPU Lampung Timur semakin genjar memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk terus memberikan wawasan dan pengetahuan seputar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur.

KPU Lampung Timur mengharapkan masyarakat dapat turut aktif mensukseskan Tahapan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih agar penyelenggaraan tahapan pilkada selanjutnya dapat berjalan lancar dan tertib.