18/10/2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan pencegahan dan Pengendalian COVID-19 pada Tahapan Pemilihan Tahun 2020 sesuai PKPU 6 Tahun 2020 jo PKPU 10 Tahun 2020

LAMPUNG TIMUR – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Timur menggelar Sosialisasi PKPU Nomor 6 Tahun 2020 jo PKPU 10 Tahun 2020 tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak dalam kondisi bencana non alam (COVID-19).

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 19/09/2020 di  Aula Kantor KPU Kabupaten Lampung Timur, yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Lampung Timur, Kapolres Lampung Timur yang diwakili oleh Firman. S, Dandim 0429 -LT yang diwakili oleh MHD. Syadri, Ketua BAWASLU Lampung Timur  diwakili oleh Dedi M, Kepala Badan Kesbangpol yang diwakili oleh Fachri Herdiansyah, Perwakilan Partai Politik Lampung Timur, dan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur yang diwakili oleh Tim Penghubung.

Ketua KPU Lampung Timur Wasiyat Jarwo Asmoro Membuka Acara sosialisasi dengan menjelaskan pentingnya dilaksanakan sosialisasi ini ditengah masa pandemi COVID-19.

“Ada beberapa tahapan dalam menyongsong Pemilihan Kepala Daerah pada 9 Desember 2020 nanti,  yang termuat dalam PKPU Nomor 6 baik proses dalam pemutakhiran daftar pemilih, pencalonan, kampanye, pemungutan suara, sampai dengan penetapan calon terpilih. Maka PKPU 6 Tahun 2020 jo PKPU 10 Tahun 2020 ini merupakan sapu jagat dalam terealisasinya Pemilihan Serentak tersebut”. Jelas Ketua KPU Lampung Timur yang akrab di sapa Jarwo.

Selain itu, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, PARMAS dan SDM KPU Lampung Timur F. Bagus Kumbara juga sebagai pemateri menjelaskan, bahwa peraturan pemilihan mengacu pada protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19 serta memperhatikan kesehatan dan keselamatan penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih, dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggara pemilihan nanti, jelasnya.

Bagus juga menambahkan, bahwa sesuai dengan ketentuan pasal- pasal dalam PKPU RI tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali kota dan Wakil Wali kota serentak dalam kondisi bencana non alam (COVID-19), harus berpedoman teguh pada undang – undang  yang telah ditetapkan.