18/10/2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

KPU Lampung Timur Nonaktifkan Badan Adhoc Pemilihan Kepala Daerah Lampung Timur 2020

Meningkatnya  penyebaran CoronaVirus Disease 2019 (Covid-l9) di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan memperhatikan pernyataan resmi World Health Organization (WHO) yang menyatakan Covid-19 sebagai Pandemik global, pernyataan Presiden Republik Indonesia tentang penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional (Bencana Non-Alam) dan Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

Menindaklanjuti Keputusan Komisi Pemilihan Umum Surat Keputusan KPU RI No. 285/PL.02-SD/01/KPU/III/2020 tentang tindak lanjut tahapan pelaksanaan pemilihan tahun 2020 oleh PPK dan PPS, KPU Lampung Timur memutuskan untuk menonaktifkan sementara Badan Adhoc penyelenggara pemilihan kepala daerah Lampung Timur 2020 meliputi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Sekretariat PPK dan PPS di seluruh Lampung Timur melalui Surat Keputusan 98-100/HK.03.1-Kpt/KPU-KAB/III/2020.

Dalam SK yang diterbitkan oleh KPU Kabupaten Lampung Timur, ada beberapa poin penting terkait penonaktifan badan adhoc tersebut, seperti KPU Kabupaten/Kota menunda semua aktifitas tahapan pemilihan yang dilaksanakan oleh Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Tahun 2O2O yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia pemungutan Suara (PPS). Bagi KPU Kabupaten/Kota yang telah melakukan pelantikan PPS dan Sekretariat PPS) sampai diterbitkan ketentuan lebih lanjut.

Selain itu,  sebagai konseksuensi dari penundaan tahapan, maka KPU Kab/Kota hanya dapat membayarkan honorarium PPK dan Sekretariat PPK berdasarkan output yang telah dihasilkan dari kegiatan pada bulan Maret 2020 dan tidak membayarkan honorarium PPS dan Sekretariat PPS (bagi KPU Kab/Kota yang telah melakukan pelantikan PPS dan Sekretariat PPS).