21/09/2020

KPU

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Supervisi Coklit PPDP oleh KPU Provinsi Lampung dan KPU Kabupaten Lampung Timur dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Tahun 2020

Lampung Timur – Dua hari menjelang berakhirnya masa coklit yang dilakukan oleh PPDP di Kabupaten Lampung Timur pada 13 Agustus 2020, KPU Provinsi Lampung dan KPU Kabupaten Lampung Timur turun ke beberapa titik di Daerah Lampung Timur untuk melakukan monitoring dan supervisi atas pelaksanaan coklit PPDP.

Tim KPU Provinsi yang di tugaskan untuk monitoring dan supervisi ke daerah pemilihan Kabupaten Lampung Timur yaitu Ali Sidiq dan Agus Riyanto serta di dampingi oleh Anggota KPU Lampung Timur M. Wahid Setio Budi, Desman Yusri , F. Bagus Kumbara dan Wanahari. Kegiatan monitoring dan supervisi ini dilakukan bertujuan untuk memastikan PPDP telah bekerja secara regulasi dan prosedur yang ada dalam buku kerja PPDP.

Selain itu memastikan hasil coklit yang dilakukan PPDP benar-benar akurat. Dan ketiga, memastikan di 13 Agustus, PPDP telah menyelesaikan coklit 100 persen di TPS nya masing-masing.

Terakhir, memastikan PPS menerima dokumen hasil coklit dari PPDP secara lengkap dan benar.

“untuk itu kita meminta kepada semua anggota KPU Kabupaten/Kota, Anggota PPK dan PPS untuk melakukan hal yang sama yaitu melakukan monitoring dan supervisi kepada PPDP di wilayahnya masing-masing,” kata Agus Riyanto selaku Komisioner KPU Lampung Divisi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin)

Monitoring dan supervisi ini dilakukan dengan mengambil sampel 5 persen dari jumlah TPS di daerah yang dituju.

“ Harapannya saya, semua pihak yang terlibat dalam proses pemutakhiran data pemilih untuk fokus mensukseskan penyelenggaraan tahapan coklit agar bisa menghadirkan data pemilih yang akurat,  mutakhir dan berkualitas pada Pilkada Serentak 2020,” kata M. Wahid Setio Budi selaku Koordinator Divisi Perencanaan Program Data dan Informasi KPU Lampung Timur

Tahapan pemutakhiran data pemilih merupakan tahapan yang penting dan strategis karena itu diharapkan partisipasi aktif semua pihak untuk memberikan masukan dan tanggapan atas proses tahapan pemutakhiran data pemilih ini.

Setelah berakhirnya coklit pada 13 Agustus mendatang, maka PPS akan melakukan penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran  (coklit) sesuai jadwal dilakukan dari 7 – 29 Agustus 2020.

Hasil penyusunan ini akan dibawa dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran di 30 Agustus 2020 yang akan dihadiri oleh PKD (Pengawas Kelurahan Desa), Perwakilan Partai Politik, dan PPDP.

Pelaksanaan rapat pleno terbuka ini juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan penyebaran Covid-19.