02/03/2021

KPU

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Seleksi Wawancara Calon Relawan Demokrasi Pemilihan Umum 2019

Sukadana, 16 Januari 2019.

Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 32/PP.08-SD/06/KPU/I/2019 perihal Pembentukan Relawan Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019.

KPU Kabupaten Lampung Timur telah membuka pendaftaran untuk penerimaan Relawan Demokrasi pada tanggal 14 sampai dengan 15 Januari 2019. Untuk seluruh peserta yang mendaftarkan diri yaitu berjumlah sebanyak 85 orang dan akan diseleksi menjadi 55 orang. Tahapan penyeleksian dilakukan pada tanggal 16 Januari 2019 melalui seleksi wawancara. Setelah dilakukan seleksi wawancara, akan dilakukan pengumuman hasil seleksi tersebut pada tanggal 17 Januari 2019 dan bagi peserta yang lulus seleksi akan melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pada tanggal 22 Januari 2019.

Maksud dan tujuan program Relawan Demokrasi adalah membantu KPU kabupaten Lampung Timur untuk menjalankan agenda-agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis di setiap daerah agar dapat meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda Pemilu dan demokrasi.

Adapun program Relawan Demokrasi yang digagas oleh KPU melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 11 (sebelas) basis pemilih strategis yaitu 1. Basis Keluarga; 2. Basis Pemilih Pemula; 3. Basis Muda; 4. Basis Pemilih Perempuan; 5. Basis Penyandang Disabilitas; 6. Basis Pemilih Berkebutuhan Khusus; 7. Basis Kaum Marjinal; 8. Basis Komunitas; 9.   Basis Keagamaan; 10. Basis Warga Internet; 11. Basis Relawan Demokrasi.

Jumlah peserta relawan demokrasi adalah 55 (lima puluh lima) orang yang mewakili keseluruhan basis pemilih dengan ketentuan setiap basis pemilih terdiri dari minimal 4 (empat) orang relawan. Dalam hal tertentu tidak dapat diwakili kurang dari  4 (empat) orang relawan untuk setiap basis pemilih dan dapat digantikan atau ditambah ke basis pemilih lain yang merupakan mayoritas perwakilan pemilih di daerah tersebut.