13/05/2021

KPU

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Rapat Koordinasi Penyusunan Zona Kampanye dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Tahun 2020

LAMPUNG TIMUR – Jelang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Bupati dan Calon Wakil Bupati , KPU Kabupaten Lampung Timur gelar Rapat Koordinasi (rakor) dengan Camat dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se- Kabupaten Lampung Timur dalam penetapan Zona Kampanye pilkada serentak lanjutan 2020. (Senin, 21/09/20)

Dalam sambutanya, Wasiyat Jarwo Asmoro selaku Ketua KPU Kabupaten Lampung Timur menjelaskan secara singkat tujuan dari rakor tersebut. “ dalam rapat koordinasi ini akan membahas terkait dengan penyusunan dan perencanaan titik kampanye atau zona kampanye  yang kedepannya nanti sebelum penetapan DCT harus ada draf penentuan zona kampanye, pasalnya, hal itu sesuai dengan PKPU 4 Tahun 2017 dan PKPU 6 Tahun 2020 bahwa kampanye akan dilaksanakan 3 hari setelah penetapan DCT”.

Rapat Koordinasi dipimpin  F. Bagus Kumbara selaku Kordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih , PARMAS dan SDM KPU Kabupaten Lampung Timur. Anggota KPU yang akrab di sapa Bagus tersebut menuturkan, bahwa ada beberapa hal terkait Kampanye yang harus diperhatikan dalam masa pandemic COVID-19.

“ada sedikitnya 3 PR besar yang harus di rencanakan dan dipersiapkan dengan matang oleh penyelenggara, pertama adalah penetapan Zona dan Jadwal Kampanye, kedua terkait Rapat Terbatas , ketiga Rapat Umum”. Jelas Bagus

Dalam proses Penetapan Zona Kampanye, KPU menghimbau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk berkoordinasi dengan Camat setempat dalam membuat draf  Zona Kampanye dimasing -masing Kecamatan. KPU memberikan batas waktu penyusunan sampai 22 September 2020, karena zona kampanye  harus ditetapkan sebelum masa kampanye.