20/01/2021

KPU

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Rapat Koordinasi Mekanisme Debat Publik Atau Debat Terbuka Pilkada Lampung Timur 2020

Lampung Timur – Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Debat Publik atau Debat Terbuka antar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Timur melakukan Rapat Koordinasi terkait Mekanisme Pelaksanaan Debat Terbuka putaran pertama yang akan berlangsung pada 07 November 2020 mendatang. Rapat berlangsung di Aula Kantor KPU Lampung Timur, Rabu 28 Oktober 2020.

Acara dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Lampung Timur, Kapolres Lampung Timur yang diwakili oleh Kabag OP Kompol Nanda, Ketua Bawaslu Lampung Timur Uslih, dan Tim Penghubung Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur.

Setidaknya ada 4 Pokok bahasan dalam rapat koordinasi yang digelar oleh KPU.

Pertama membahas tentang mekanisme pelaksanaan debat. Secara singkat Wasiyat Jarwo Asmoro selaku Ketua KPU Lampung Timur menjelaskan sistematika Debat Publik Antar Pasangan Calon pada putaran pertama yang akan digelar pada 07 November 2020 mendatang. Secara terperinci KPU Lampung Timur akan memberikan Mekanisme Debat secara tertulis kepada Pasangan Calon sebagai acuan dalam pelaksanaan Debat.

Kedua membahas mengenai Sistem Keamanan yang akan di terapkan pada saat pelaksanaan debat. Polres Lampung Timur secara terbuka menjelaskan kesanggupannya untuk bersinergi dengan TNI dan Satpol PP Lampung Timur untuk rangka mengamankan dan mengkondusifkan Lokasi Debat Publik.

Ketiga membahas terkait Undangan yang hadir, dimana KPU Lampung Timur telah membuat ketentuan jumlah peserta yang dalam ruang debat.

Keempat adalah Design Acara Debat Publik.

F. Bagus Kumbara Anggota Komisioner KPU Lampung Timur yang juga merupakan Leading Sector pada Debat Publik ini, menjelaskan bahwa debat akan disiarkan secara live baik di stasiun televisi lokal Lampung, maupun Live Streaming di akun media sosial KPU Lampung Timur. Sehingga, ia menghimbau kepada masyarakat maupun tim pendukung Pasangan Calon agar tetap menyaksikan Debat di rumah atau di Posko Pemenangan masing-masing Pasangan Calon tanpa harus hadir ke lokasi, karena pelaksanaan Debat masih berada di tengah masa Pandemi covid-19.

Sebagai penutup rapat, Desman Yusri menambahkan agar LO Pasangan Calon yang hadir, agar menyampaikan kepada Pasangan Calon bahwa debat ini merupakan momen agar lebih dekat dengan rakyat, mengingat intensitas Pasangan Calon dalam mengenalkan diri kepada masyarakat lebih terbatas akibat Pandemi Covid -19.