06/03/2021

KPU

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

KPU Lampung Timur Menerima Dokumen Persyaratan Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorang SUGIYANTO dan MASRIZAL

Hari ini KPU Kabupaten Lampung Timur selesai melakukan penghitungan terhadap jumlah dukungan dan sebaran bakal pasangan calon perseorangan pada pukul 02.43 WIB. Dari jumlah total  77.103 dokumen yang diserakan kepada KPU Kabupaten Lampung Timur, 3.237 dinyatakan Tidak Lengkap dan 73.866 yang tersebar di 24 Kecamatan dinyatakan Lengkap.  

Minggu (23/02/2020) merupakan hari terakhir Penerimaan berkas syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Sampai pada penutupan penerimaan berkas syarat dukungan, hanya terdapat  SATU Bakal Pasangan Calon Perseorangan atas nama Bakal Pasangan Calon Bupati SUGIYANTO, M.Pd dan Bakal Calon Wakil Bupati MASRIZAL.

Sebelumnya (22/02/2020) Bakal Pasangan Calon Perseorangan tersebut sudah menyerahkan berkas syarat dukungan kepada KPU Lampung Timur, namun ada beberapa syarat dukungan yang belum terpenuhi, sehingga KPU dan BAWASLU Lampung Timur setelah melakukan kajian memutuskan untuk mengembalikan dokumen syarat dukungan kepada bakal pasangan calon untuk diperbaiki terlebih dahulu.

Bakal Pasangan Calon Perseorangan atas nama Sugiyanto dan Masrizal menyerahkan dokumen syarat dukungan yang sudah diperbaiki kepada KPU Lampung Timur, dengan jumlah dukungan sebesar 77.103 dukungan yang tersebar di 24 kecamatan.

Hadir ketua dan 4 (empat) Anggota KPU Kabupaten Lampung Timur, Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Timur serta Petugas Penerima dan Penelitian Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan ddalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur 2020. Seperti pada hari sebelumnya, Bakal Pasangan Calon Perseorangan mengikuti prosedur penyerahan berkas yang diarahan oleh petugas penerimaan berkas syarat dukungan. Pertama bakal pasangan calon harus menyerahkan surat mandat yang ditugaskan kepada LO/Tim Penghubung , kemudian melakukan registrasi.

Selanjutnya KPU Kabupaten Lampung Timur melakukan Pengecekan berupa jumlah dukungan dan sebaran pada dokumen Formulir Model B. 1-KWK Perseorangan, Formulir Model B.1.1-KWK Perseorangan, dan Formulir Model B.2-KWK Perseorangan. KPU Lampung Timur menghitung jumlah dokumen dukungan asli berupa formulir model B.1-KWK Perseorangan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dengan berpedoman pada syarat jumlah dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan untuk Kabupaten lampung Timur sebanyak 59,262 orang serta berpedoman pada indikator keabsahan Formulir Model B.1-KWK. Selain  itu KPU juga menghitung jumlah dukungan yang tercantum dalam formulir model B.1.1-KWK Perseorangan dan juga menghitung persebaran dukungan yang tercantum dalam formulir model B.2-KWK Perseorangan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan perundang-undangan, dengan berpedoman pada jumlah sebaran dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan untuk Kabupaten Lampung Timur sebanyak 13 wilayah Kecamatan. KPU Lampung Timur selanjutnya mengecek kesesuaian jumlah dukungan dan persebarannya yang tercantum dalam formulir Model B.2 KWK Perseorangan dengan pemenuhan syarat jumlah dukungan dan sebaran.

Maka berdasarkan hasil pengecekan tersebut, dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dinyatakan Memenuhu Syarat dukungan dan sebaran, sehimngga dokumen dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan DITERIMA.

“Setelah dilakukan penghitungan, maka KPU Lampung Timur akan melanjutkan dengan Verifikasi Administrasi yang akan dimulai dari tanggal 27 Februari – 25 Maret 2020 untuk memastikan berkas dukungan yang diserahkan ke KPU Lampung Timur adalah Valid. Setelah Verifikasi Administrasi, akan dilanjutkan dengan Verifikasi Faktual berupa sensus ke alamat pendukung” Tegas Jarwo selaku Ketua KPU Lampung Timur.