01/03/2021

KPU

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tambahan Pada Pemilu Tahun 2019

Sukadana, 02 Januari 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur telah melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tambahan yang berjumlah 48 orang untuk 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur. Hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 31/PUU-XVI/2018, pada tanggal 23 Juli 2018.

Untuk melaksanakan amanat keputusan MK tersebut Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melakukan perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK Dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, yang sebelumnya PPK di setiap kecamatan berjumlah 3 orang dan kini menjadi 5 orang sehingga secara keseluruhan untuk di Kabupaten Lampung Timur menjadi 120 orang.

Ketua KPU Kabupaten Lampung Timur, Andri Oktavia, S.Si. dalam sambutannya menyampaikan “Selamat atas dilantiknya anggota PPK terpilih. Untuk suksesnya Pemilu 2019 itu tergantung kepada sumber daya manusia yang memadai dan ketersedian   nya logistik. Secara garis besar logistik di KPU Kabupaten Lampung Timur sudah tersedia sesuai dengan prosedur. Kita berharap agar kedepan tingkat partisipasi pemilih dapat diatas 70 persen. Sebagai tanggung jawab bersama agar tercapainya target tersebut salah satunya dengan melakukan diskusi bersama tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda dibergai tempat untuk mengetahui apa kendala yang membuat partisipasi pemilih menjadi rendah dan kita harus bekerja sama dengan pihak terkait agar terciptanya Pemilu yang aman dan adil.” Serta sangat diharapkan kepada seluruh penyelenggara Pemilu 2019 agar memegang teguh prinsip kerja dan kode etik supaya tidak terjadi konflik dan tidak melanggar hukum dan aturan yang berlaku, tambahnya.