18/10/2021

KOMISI PEMILIHAN UMUM

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

KPU LAMPUNG TIMUR MENGEMBALIKAN DOKUMEN PERSYARATAN DUKUNGAN BAKAL PASANGAN CALON PERSEORANGAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI LAMPUNG TIMUR 2020

(Rabu, 22/02/2020) KPU Lampung Timur – menerima penyerahan dokumen peryaratan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur tahun 2020. Sesuai jadwal tahapan Pilkada Serentak 2020 yang tengah berlangsung, bahwa dari tanggal 19 – 23 Februari 2020  merupakan tahap penyerahan dokumen persyarataan dukungan bagi Bakal  Pasangan Calon Perseorangan.

Sampai pada tanggal 22 Februari 2020 hanya ada 1 (satu) Bakal Pasangan Calon Perseorang yang sudah mengambil akun Silon dari KPU Lampung Timur. Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) ini dibuat untuk mempermudah pasangan calon, terutama calon perseorangan, dan penyelenggara pemilu untuk mengecek keabsahan data.

Pada hari ini (22/02/2020) KPU Kabupaten Lampung Timur telah melakukan Pengecekan jumlah dan sebaran dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan atas nama Bakal Calon Bupati  SUGIYANTO dan Bakal Calon Wakil Bupati MASRIZAL dengan jumlah dukungan dan sebaran yang terkumpul ± 77.000 dukungan, maka jumlah tersebut sudah memenuhi syarat minimal dukungan dan sebaran untuk Bakal  Pasangan Calon Perseorangan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur tahun 2020.

Setelah melakukan verifikasi, KPU Lampung Timur dan BAWASLU Kabupaten Lampung Timur memutuskan untuk Mengembalikan dokumen persyaratan dukungan yang diserahkan oleh bakal pasangan calon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atas nama Bakal Calon Bupati Sugiyanto dan Bakal Calon Wakil Bupati Masrizal.

Hal tersebut dilakukan Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum No 18 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonann Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota, KPU Kabupaten Lampung Timur MENGEMBALIKAN dokumen persyaratan dukungan dikarenakan : Dokumen dukungan yang berupa surat pernyataan pasangan calon perseorangan yang memuat tabel daftar nama pendukung, yang diserahkan ke KPU Kabupaten Lampung Timur tidak lengkap.

Desman Yusri selaku Koordinator Divisi Teknis Pelaksanaan menuturkan “Memang benar hari ini bakal calon perseorangan menyerahkan berkas persyaratan dukungan dan sebaran berupa dokumen formulir model B.1 KWK perseorangan, Formulir model B.I.I KWK perseorangan, dan formulir model B.2. KWK perseorangan. Setelah melakukan pengecekan B.2. KWK perseorangan dengan SILON, berkas dinyatakan sudah sesuai dengan sebaran dan jumlah minimal syarat dukungan, namun ketika kita periksa Formulir model B.I.I KWK perseorangan yang harus ditanda tangani oleh Bakal Pasangan Calon dan juga bermaterai, dokumen tersebut tidak ada. Hal tersebut sudah kami sampaikan ke BAWASLU Lampung Timur dan LO dari Bakal Pasangan Calon yang bersangkutan berdasarkan PKPU No 18 tahun 2019 Pasal 14  Angka 03 bahwa Dokumen Dukungan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 (satu) yang menjelaskan tentang B.I.I KWK dan B.2. KWK merupakan hasil cetak dari Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang ditanda tangani oleh bakal pasangan calon perseorangan dan bermaterai. Berdasarkan peraturan yang ada maka KPU Kabupaten Lampung Timur setelah melakukan kajian bersama BAWASLU Lampung timur  dokumen dari bakal pasangan calon tersebut  kita minta untuk diperbaiki dan disusun kembali”.