21/09/2020

KPU

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

KPU Kabupaten Lampung Timur Menerima Kunjungan Kerja Perorangan Anggota DPR RI Dalam Rangka Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2019-2020

Lampung Timur – KPU Kabupaten Lampung Timur menerima kunjungan kerja perorangan anggota DPR RI Selasa (4/7). Kunjungan kerja atas nama Ir. Hanan A. Rozak, M.S. didampingi oleh staf  Tenaga Ahli, berlangsung di aula KPU Kabupaten Lampung Timur membahas mengenai Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang tengah berlangsung di Kabupaten Lampung Timur.

Reses sendiri merupakan Kegiatan Anggota DPR RI diluar masa sidang di daerah-daerah diluar Kantor/Gedung DPR RI. Hanan yang merupakan Anggota Komisi II DPR RI sekaligus mantan Bupati Tulang Bawang Periode 2012-2017 menyampaikan tujuan kunjunganya ke KPU Kabupaten Lampung Timur.

Ia menyampaikan bahwa Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020 Dalam kondisi yang tidak normal (pendemi Covid-19). Ada kebutuhan- kebutuhan yang harus dipenuhi diantaranya, memastikan sudah sejauh mana pelaksanaan tahapan pilkada di Kabupaten Lampung Timur, pendistribusian anggaran yang dibebankan kepada APBD senilai 4,7 triliun yang digunakan untuk kebutuhan pengadaan APD kepada KPU Kabupaten/Kota yang akan melangsungkan Pemilihan serentak. Ia juga mengingatkan agar Penyelenggara Pemilihan dapat berhati-hati dalam pengadaan belanja barang, supaya pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar. Hanan juga meminta KPU Kabupaten Lampung Timur mengoptimalkan Tahapan Pilkada di masa pandemi dalam kondisi sebaik mungkin.

Menaggapi hal tersebut Ketua KPU Kabupaten Lampung Timur Wasiyat Jarwo Asmoro menuturkan bahwa Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur sudah berjalan baik dan lancar. Terbaru KPU telah menyelesaikan Tahapan Verifikasi Faktual Perseorangan yang tidak memenuhi syarat dikarenakan jumlah dukungan dari jumlah dukungan sebanyak 77.103 setelah diverifikasi jumlah yang Memenuhi Syarat sebanyak 45.508 dan jumlah Yang Tidak Memenuhi Syarat sebanyak 31.595. pada saat perbaikan berkas Dokumen Dukungan yang dibawa Bakal Pasangan Calon Tidak lengkap dan dinyatakan tidak memenuhi Syarat dikarenakan nyampai batas waktu yang ditetapkan Bakal pasangan Calon tidak menyerahakan Dokumen Perbaikan Dukungan.

Wahid Setio Budi, selaku Anggota KPU Lampung Timur menambahkan bahwa saat ini KPU Lampung Timur  masih dalam Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih yang sudah memasuki minggu ke-3, memasuki minggu ke -3 proses coklit data pemilih telah mencapai 80%  sehingga ia optimis KPU Lampung Timur dapat menyelesaikan proses coklit data pemilih sebelum batas akhir masa coklit yakni 13 Agustus 2020.

Terkait anggaran pilakda, Jarwo menyampaikan tidak ada kendala perihal pendanaan sehingga Tahapan Pilkada yang sudah mulai berlangsung kembali, dapat berjalan lancar , tertib dan aman dengan menerapkan Protokol Kesehatan penanganan covid-19.

Tak cukup sampai disitu, hanan juga menambahkan hal terkait Partisipasi Pemilih. Ia meminta KPU Kabupaten Lampung Timur dapat lebih meningkatkan Sosialisasi kepada masyarakat terkait pilkada yang akan berlangsung di 09 Desember 2020 mendatang , terutama di derah -daerah yang terdata partisipasi masyarakatnya rendah.

Dalam mencapai target partisipasi pemilih KPU Kabupaten Lampung Timur gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi baik secara langsung (tatap muka) dengan menerapkan protokol kesehatan dan tidak langsung melalui sosial media. Tujuanya, agar partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah Lampung Timur 2020 ini semakin meningkat.