13/08/2020

Gerakan Coklit Serentak (GCS) KPU Lampung Timur

LAMPUNG TIMUR – Gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak data pemilih Pilkada Lampung Timur 2020 di laksanakan oleh KPU Kabupaten Lampung Timur. Diawali dengan pelaksanaan apel kesiapan PPDP dalam rangkaian Gerakan Coklit Serentak (GCS) (Sabtu, 18/07/2020).

Apel diikuti perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Usai apel, KPU Lampung Timur yang terbagi menjadi 6 Tim akan melakukan coklit terhadap 13 tokoh masyarakat dan agama. Ketua dan Anggota KPU  beserta Sekretris KPU Kabupaten Lampung Timur langsung turun mendampingi PPDP yang melakukan coklit.

“Kegiatan coklit ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh warga Lampung Timur telah memenuhi syarat memilih. Terpenuhi haknya dalam memilih dan masuk ke dalam data pemilih,” ucap Wasiyat Jarwo Asmoro Ketua KPU Lampung Timur, Sabtu (18/7).

Pelaksanaan coklit yang berlangsung kurang lebih selama satu bulan mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020, menuntut KPU Lampung Timur tetap berkomitmen untuk menjaga kwalitas Pilkada Lampung Timur di tengah pandemi covid-19. Selain itu coklit serentak ini akan menjangkau seluruh wilayah di Lampung Timur sesuai dengan data penduduk petensial pemilih pemilihan yang diserahkan mendagri melalui KPU yang disingkronisasi dengan DPT pemilu terakhir

Gerakan Coklit Serentak di Kabupaten Lampung Timur dilaksanakan dengan mengunjungi rumah tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Lampung Timur. Mulai dari tokoh pemerintahan, politik, kebudayaan, dan lainnya.

Dalam Pembagiannya, Ketua KPU Lampung Timur, PPK, PPS dan Mitra Kerja mendampingi PPDP melakukan coklit di kediaman Anggota DPD RI dr. Jihan Nurlela yang juga adik Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D. Seusai mencoklit, Ketua KPU Lampung Timur beserta rombongan menuju Tokoh Lampung Timur lainnya yaitu Bapak Samsul Arifin (Cak Sul) mantan Ketua KPU Lampung Timur dua periode sebelumnya.

Terpisah, Angota KPU Kabupaten Lampung Timur, M. Wahid Setio Budi juga melakukan hal serupa, coklit dilakukan kepada Bupati Lampung Timur. Bupati Zaiful Bokhari semestinya dilakukan coklit di desa Negara Ratu, Kecamatan Batanghari Nuban sesuai dengan data kependudukan. “Namun karena beliau sedang ada tugas dinas disukadana maka kita lakukan Coklit dirumah jabatan beliau,” kata Wahid.  Seusai Coklit Bupati, Wahid meneruskan coklit terhadap Ketua DPRD Lampung Timur Ali Johan Arif dan Wakil Ketua DPRD Lampung Timur Yusron Amirullah.

Anggota KPU Kabupaten Lampung Timur lainnya, F. Bagus Kumbara juga mencoklit di kediaman Ketua MUI Kabupaten Lampung Timur Mulyono Herlambang dan Tokoh Masyarakat NU Sahlan Abdullah. Sedangkan  Wanahari melakukan coklit di rumah Anggota Bawaslu Provinsi Lampung M. Teguh dan Waki Ketua DPRD Lampung Timur Ariyan Putra Marga.

Di tempat lain, Anggota KPU Kabupaten Lampung Timur, Desman Yusri mendampingi PPDP mencoklit di kediaman Gus Dar Ketua PCNU Lampung Timur di Kecamatan Way Jepara dan Kediaman Bapak Budi Suhermanto Ketua PD Muhammadiyah Lampung Timur.

Sekretaris KPU Lampung Timur, Wynda Titra Agustina juga tak ketinggalan melakukan pendampingan terhadap PPDP dalam melakukan Coklit terhadap Tokoh Agama Hindu yang ada di Kecamatan Raman Utara.