22/06/2020

BIMBINGAN TEKNIS VERIFIKASI FAKTUAL DUKUNGAN BAKAL PASANGAN CALON PERSEORANGAN PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI LAMPUNG TIMUR TAHUN 2020

LAMPUNG TIMUR- (Senin, 22 Juni 2020) Dalam rangka pelaksanaan Verifikasi Faktual yang akan dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada tanggal 29 Juni 2020 s/d 12 Juli 2020. KPU Kabupaten Lampung Timur melaksanakan Bimbingan Teknis terkait Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur Tahun 2020 pada hari Senin 22 Juni 2020 s/d Selasa 23 Juni 2020.

Adapun pada pelaksanaan bimtek dimaksud peserta yaitu berjumlah 2 orang setiap kecamatannya (Ketua PPK dan Anggota Divisi Teknis) serta menggunakan protokol kesehatan minimal memakai masker. Bimtek tersebut dibagi dalam 2 sesi perhari dan masing-masing sesi terdapat 6 Kecamatan. Adapun Sesi pertama pada hari ini, Senin 22 Juni 2020 yaitu pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan peserta dari Kecamatan Batanghari Nuban, Bumi Agung, Bandar Sribhawono, Batanghari, Braja Selebah dan Gunung Pelindung. Sesi kedua pukul 13.00 – 16.00 WIB dengan peserta dari Kecamatan Labuhan Ratu, Melinting, Metro Kibang, Pasir Sakti, Sukadana dan Way Jepara.

Komisioner KPU Lampung Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan, Desman Yusri menyampaikan dalam materinya, Bimbingan Teknis ini disampaikan agar dalam pelaksanaan Verifikasi Faktual nantinya para PPK dan PPS paham bagaimana teknis melihat dukungan tersebut masuk dalam kategori Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS). “Ya, bimtek ini bertujuan agar rekan-rekan (PPK) paham secara detail bagaimana teknis pelaksanaan verifikasi faktual nantinya berjalan secara lancar. Rekan-rekan PPK dan PPS juga harus berkoordinasi dengan rekan-rekan Panwascam dan PPL dalam pelaksanaan nantinya.” tutur Desman Yusri.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Lampung Timur, Wasiyat Jarwo Asmoro juga menegaskan keharusan para jajaran yang bertugas nantinya dalam pelaksanaan Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang nantinya akan difasilitasi oleh KPU Kabupaten Lampung Timur berupa Masker, Face Shield, Sarung tangan, Hand Sanitizer dan Thermogun. “Kami KPU Lampung Timur akan memberikan Masker dan APD lainnya dalam setiap tahapannya, PPK dan PPS yang akan terjun wajib memakainya sebagai salah satu perlindungan diri dari virus yang masih berkembang dan bukan sekedar sebagai pelengkap saja, tapi memang sebuah keharusan rekan-rekan memakai APD tersebut.” Tutur Pak Jarwo sapaan akrabnya.

Dengan demikian, KPU Kabupaten Lampung Timur telah mengupayakan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan tahapan dan puncaknya pada PILKADA tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Dimana KPU Lampung Timur benar-benar menjaga protokol kesehatan dalam era New Normal ini. *rh

Berita
About egestin