16/06/2021

KPU

KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi

Sukadana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur melakukan bimbingan teknis kepada seluruh peserta Relawan Demokrasi Pemilu 2019 pada 22 Januari 2019 di Hotel Yestoya Kecamatan Way Jepara.

Program Relawan Demokrasi bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses Pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda Pemilu dan demokratisasi. Hal ini terlihat pada partisipasi pemilih pada pemilu tahun 1999 yang menunjukkan bahwa peserta pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebesar (92 persen), pemilu pada tahun 2004 sebanyak (84 persen) pemilih dan Pemilu pada tahun 2009 sebanyak (71 persen) pemilih serta (73 persen) pada pemilu tahun 2014, ini menunjukkan bahwa partisipasi pemilih pada pemilu kian menurun. Diharapkan untuk Pemilu pada tanggal 17 April 2019 mendatang tingkat partisipasi pemilih bisa sesuai dengan target. Untuk itu program Relawan Demokrasi diharapkan dapat membantu KPU dalam menyampaikan informasi mengenai penyelenggaraan tahapan, program dan jadwal pemilu, meningkatkan pemahaman serta pengetahuan bagi pemilih agar dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

Kegiatan bimbingan teknis kepada seluruh peserta Relawan Demokrasi dilakukan supaya seluruh peserta yang telah dibagi menjadi 11 (sebelas) basis dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab serta dapat bersikap independen, imparsial dan non partisan terhadap peserta pemilu, bertindak santun, berprilaku baik, menghormati adat dan budaya yang ada, tidak bertindak diskriminatif dan menunjukkan keberpihakan kepada peserta pemilu serta tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun/gratifikasi dari peserta pemilu, karena itu kode etik yang harus selalu dijaga oleh seluruh 55 peserta Relawan Demokrasi.

Pada saat bimbingan teknis, Relawan Demokrasi Pemilu 2019 juga diberikan pengertian tentang tantangan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada pemilu 2019 lebih berat, karena semakin kompleksnya penyelenggaraan pemilu, dikarenakan Pemilih akan berhadapan dengan lima jenis surat suara. Oleh karena itu sangat dibutuhkan kecermatan dalam menyampaikan sosialisasi dan pendidikan pemilih guna mengurangi angka suara yang tidak sah dalam pemilu.

Adapun materi sosialisasi yang akan disampaikan oleh seluruh Relawan Demokrasi yaitu tentang pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi masyarakat, dan waktu saat pemungutan suara,tata cara pemberian suara dalam pemilu, serta mengenalkan seluruh peserta pemilu (pasangan calon presiden dan wakil presiden, partai politik dan DPD) pada pemilih dan hal-hal lain yang dianggap sesuai dengan kebutuhan basis pemilih.